cool hit counter

PDM Kabupaten Aceh Barat Daya - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Aceh Barat Daya
.: Home > Berita > Muhammadiyah Aceh Mitra Pemerintah

Homepage

Muhammadiyah Aceh Mitra Pemerintah

Senin, 07-03-2016
Dibaca: 688

 

Banda Aceh  |  acehprov.go.id – Sebagai salah satu organisasi Islam di Indonesia, Pemerintah Aceh memandang Muhammadiyah sebagai salah satu mitra dalam mendukung program pembangunan yang berkaitan dengan penguatan Syariat Islam, pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, dalam sambutan singkatnya yang dibacakan oleh Asisten I Setda Aceh, Muzakar A Ghani, pada acara pengukuhan Pimpinan Wilayah dan jajaran pimpinan Majelis Badan Lembaga PW Muhammadiyah dan Aisyiah Aceh periode 2016-2020, serta pelantikan Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh.

Acara yang turut dihadiri oleh kepada Ketua Umum Muhammadiyah, DR H Haedar Nashir M Si, serta Ketua Pengurus Pusat Aisyiah, Drs Hj Siti Noordjannah Djohantini M Si serta rombongan itu, dipusatkan di Aula Universitas Muhammadiyah Aceh, (Kamis, 11/2/2016).

“Dengan berbagai pengembangan program yang sangat visioner dan bersentuhan langsung dengan masyarakat, maka tak heran jika Muhammadiyah memiliki pengaruh besar serta kedudukan yang strategis di tengah masyarakat,” ujar Gubernur.

Pria yang akrab disapa Doto Zaini itu menambahkan, di bidang pendidikan, Muhammadiyah mengembangkan banyak sekolah dan perguruan tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan umat.

Demikian juga dalam bidang kesehatan, Muhammadiyah banyak mengembangkan rumah sakit, pendidikan ahli kesehatan dan sebagainya. Sementara itu, di bidang pemberdayaan masyarakat, konsep Muhammadiyah terlihat dalam kegiatan microfinance atau lembaga syariah yang dikembangkan di berbagai daerah.

“Fakta ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah merupakan organisasi yang mampu melihat tantangan zaman dengan tetap berbasis pada ke-Islam-an yang kuat. Terkait dengan tantangan zaman ini, akhir-akhir ini kita bisa merasakan bersama, betapa perkembangan dewasa ini terjadi begitu cepat.”

 

Tangkal Aliran Sesat dengan Semangat Ukhuwah

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga menekankan tentang pentingnya menjaga ukhuwah antar sesama muslim. Menurut Gubernur, arus globalisasi yang didukung dengan kemajuan teknologi dewasa ini tentu saja tidak hanya memberi dampak positif tetapi juga dampak negatif.

“Tak dapat dipungkiri, berkembangnya berbagai aliran atau paham-paham tertentu di Aceh, tidak bisa terlepas dari hal ini, di samping juga semakin menurunnya semangat ukhuwah dan rasa kebersamaan kita selaku umat Islam,” tegas Doto Zaini.

Sebagaimana diketahui bersama, beberapa waktu lalu Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh telah menyampaikan himbauan mengenai 29 aliran kepercayaan yang perlu di waspadai. Dan, dari 29 aliran ini, 16 di antaranya sudah dinyatakan sesat dan menyesatkan.

“Inilah fenomena umat dewasa ini, yang perlu mendapat perhatian dan aksi bersama kita semua. Pemerintah akan menempuh segala cara untuk memerangi upaya pendangkalan aqidah ini, dan tentunya dengan dukungan dan kekompakan ormas-ormas Islam, langkah ini dapat kita lakukan dengan lebih baik.”

Gubernur berharap, sebagai salah satu organisasi Islam di Indonesia, Muhammadiyah diharapkan dapat merancang langkah strategis dan senantiasa bersinergi dengan Pemerintah, lembaga pendidikan Islam dan juga ormas Islam lainnya, dalam upaya meningkatkan pembinaan terhadap generasi muda Aceh, guna menangkal upaya pendangkalan aqidah yang dilakukan oleh musuh-musuh Islam.

“Insya Allah dengan upaya, kekompakan dan kerja keras kita semua, masalah aliran sesat ini dapat kita atasi bersama,” ujar Doto Zaini.

 

Pemerintah Aceh Salurkan Ribuan Beasiswa

Dalam kesempatan tersebut, Doto Zaini menyampaikan apresiasinya terhadap kepedulian Muhammadiyah yang begitu tinggi pada sektor pendidikan, mulai dari pendidikan dasar, menengah dan perguruan tinggi.

“Kita patut berbangga, karena di Aceh sudah punya satu lembaga tinggi, yaitu Universitas Muhammadiyah Aceh atau disingkat dengan Unmuha. Kami menaruh harapan besar, kiranya Unmuha bisa tumbuh dan berkembang menjadi lembaga tinggi yang mampu mencetak generasi muda Aceh yang cerdas, berkualitas serta memiliki iman dan taqwa.”

Doto Zaini juga menjelaskan, sejak beberapa tahun yang lalu, Pemerintah Aceh sudah memberikan beasiswa penuh bagi putera puteri terbaik Aceh yang menuntut ilmu di berbagai lembaga pendidikan tinggi, dalam dan luar negeri, dan berbagai disiplin ilmu, termasuk dalam bidang ilmu keagamaan.

Hingga akhir 2015, setidaknya ada 2.989 putera-puteri Aceh yang menerima beasiswa penuh Pemerintah Aceh. saat ini mereka tersebar di berbagai belahan dunia, antara lain, Mesir, Sudan, Tunisia, Arab Saudi, Yordania, Qatar dan Maroko, Jerman, Inggris, Belanda, Turki, Italia, Rusia, Francis, Spanyol, Finlandia, Amerika, Australia, Taiwan, Thailand, Jepang, China, Malaysia, Singapura, dan India.

Selain itu, berbagai upaya juga telah, sedang dan akan terus kita lakukan agar pendidikan Aceh semakin maju, dan Aceh bisa berkembang sebagai wilayah terkemuka dalam bidang pendidikan. Kerjasama dan keterlibatan kita semua, tentu sangat dibutuhkan dalam mewujudkan cita-cita tersebut.

Oleh karena itu, pada momentum Pelantikan Pengurus Wilayah Muhammadiyah dan Aisyiah Aceh periode 2016-2020, serta Pengukuhan Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh, Gubernur mengajak para hadirin untuk bersinergi dan bekerjasama dalam rangka membangun Aceh.

“Kita perkuat tali ukhuwah, kita rajut harmoni dan persaudaraan dalam bingkai iman dan taqwa, sehingga cita-citakita mewujudkan Aceh yang maju dan sejahtera di bawah naungan Islam, dapat terwujud,” pungkas Gubernur Aceh.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Banda Aceh, pimpinan dan Pengurus Wilayah Muhammadiyah Aceh, Pengurus Wilayah Aisyiyah Aceh, perwakilan MPU, Majelis Adat Aceh dan Majelis Pendidikan Daerah, Pengurus dari berbagai organisasi otonom di bawah naungan Muhammadiyah, Para ulama dan Perwakilan organisasi Islam.

 

Sumber: acehprov.go.id


Tags: Muhammadiyah Aceh, Mitra Pemerintah, Pembangunan
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: Berita Muhammadiyah Wilayah



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website